<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://draft.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d12933336\x26blogName\x3dBook+Of+Days\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dTAN\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://revakayla.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://revakayla.blogspot.com/\x26vt\x3d9146066841017932862', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Book Of Days
Lembaran penuh cerita tentang Reva, Ayah dan Bunda -- untuk dibaca, dibagi dan kelak dikenang.

Tuesday, November 07, 2006

Jurnal Libur Lebaran Part 1

Sabtu, 21 Okt 2006

Libur lebaran dimulai.Pagi itu Bunda, Ayah dan Reva mengantarkan Mbak asisten pulang kampung ke Karang Bolong, Anyer. Mbak asisten Arik & Alfa temen maen Reva, namanya Mbak Amin, ikut juga. Kebetulan keluarga Arik udah mudik ke Klaten sejak Jumat malam. Mbak Amin orang Lampung dan baru akan mudik ke Lampung hari Minggu.

Perjalanan ke Karang Bolong lancar banget. Sempet berenti dulu di pantai karena Reva pengen liat laut. Di rumah Mbak asisten kami disambut dengan ramah banget, meskipun rata2 berbahasa Sunda halus hihihi (mungkin nggak fasih berbahasa Indonesia). Bunda ngandelin Ayah yang asli orang Sunda tapi ternyata percuma hehe. Payah nih Ayah, orang Sunda apa bukan sih :D

Pulang dari sana kami dibekelin macem2 seperti emping buatan sendiri. Sempet mau dibekelin durian tapi Ayah menolak. Ayah emang suka pusing kalo makan durian, plus dia nggak mau mobilnya bau durian hihihi.

Rencananya Sabtu sore kami akan berangkat ke Cikampek, tempat ortu Ayah. Tapi denger berita yang menyebutkan hari itu akan jadi puncak arus mudik, Ayah jadi ragu2. Tambah lagi Bunda dapet telpon dari Mama Arik yang menyarankan jangan pergi hari itu karena temennya kena macet di jalan tol.
Keluarga Arik sendiri yang berangkat hari Jumat malem kena macet luar biasa. Berangkat jam 8.30 malam dari Cilegon, jam 3 pagi baru keluar gerbang tol Cikampek. Waktu Mama Arik nelpon sekitar jam 5.30 sore hari Sabtu, mereka belum juga nyampe Klaten hehe.
Akhirnya Ayah mutusin untuk berangkat hari Minggu pagi, biar nggak kena macet, biar Reva nggak ngamuk di jalan :D


Minggu, 22 Okt 2006

Sekitar jam 9 pagi Bunda, Ayah dan Reva meluncur dari rumah. Bawaan banyak banget hehe, sebagian besar kebutuhan Reva. Tadinya sih Bunda pengen ke Jogja karena cuti Bunda khan 2 minggu. Bisa nyante2 ke Jogja, berangkat sesenggangnya, nyari hari yang nggak macet setelah Lebaran. Tapi apa boleh buat, cuti Ayah cuma disetujui 1 minggu saja (hiks). Terlalu mepet kalo ke Jogja, sementara kami baru akan ke Bandung paling cepat hari Selasa.

Tol Merak - Jakarta lancar banget. Tol dalam kota Jakarta sepi. Tol Jakarta - Cikampek juga lancar. Waduh... coba begini terus, khan bisa 2 minggu sekali pulang ke Bandung tanpa harus bermacet2 ria hehe.

Sampe di kota Cikampek, haduh panasnyaa...
Puasa disana bener2 butuh kekuatan hehe. Ayah meskipun besar di Cikampek tapi nggak betah tinggal disana karena panas hihihi.


Senin, 23 Okt 2006

Karena pemerintah mengumumkan bahwa Lebaran jatuh hari Selasa tanggal 24 Oktober, berarti kita masih berpuasa sehari lagi. Berpuasa di daerah yang panasnya luar biasa hehe memang nggak mudah. Kendala Bunda haus dan kepala nyut nyut. Ayah sampe mandi berkali2 saking gerahnya hihi.

Acara hari itu masak2. Bunda sih bantu2 aja hehe. Di rumah ortu Ayah setiap Lebaran emang begitu, masak besar karena tamunya juga banyak banget. Beda ama di tempat ortu Bunda di Bandung yang masak seadanya hihihi. Soal masak memasak, Nenek Cikampek emang jagonya. Masakannya enak banget. Kalo lebaran, menu wajibnya: ketupat, semur daging, soto santan dan sambel goreng kentang+ati. Semurnya dimakan ama ketupat sedap banget, bikin ketagihan :D
Bunda suka bilang ama Ayah: "Ayah kasian ya, ibunya pinter masak, istrinya nggak bisa masak" hihihi.

Puasa, udara panas banget, gerah, seharian di dapur deket kompor. Kebayang khan kayak apa rasanya hehe. Belum lagi aroma semur daging begitu menggoda :D Tapi alhamdulillah semua bisa dilalui. Bunda bahkan nggak sampe batal puasa meskipun kepala rasanya pusing sekali.

Malam takbiran terjadi kehebohan. Reva tiba2 ketakutan. Waktu ditanya takut apa, dia bilang takut denger suara takbiran yang begitu keras. Belum lagi banyak banget yang nyalain petasan. Entah dimana sumbernya, tapi kedengeran sampe ke rumah. Bunda ama Ayah sampe kebingungan menenangkan Reva. Akhirnya ada ide nyetel musik menggunakan mp3 player. Baru deh Reva bisa agak tenang, karena 2 telinganya ditutup earphone. Tapi bukan berarti dia bisa tidur. Dia kayaknya stress, nggak bisa tidur dan bolak-balik ke kamar mandi. Bunda jadi ikutan nggak tidur juga.
Reva baru tertidur jam 1.30 malam. Puih... Bunda bernapas lega. Ternyata jam 2.30 malam dia terbangun. Bunda ikutan bangun deh :(


Selasa, 24 Okt 2006

Hari Lebaran tiba :)
Pagi2 Bunda udah mandi, dandanin Reva dan siap2 solat Ied. Biasanya sih keluarga Ayah pergi ke tempat solat yang sama, tapi kali ini enggak. Para pria pergi ke tempat yang agak jauh, yang wanita ke mesjid deket rumah.

Baru juga duduk menggelar sajadah dan pake mukena, Reva udah merengek. Pengen pulang katanya, pengen pipis. Bunda telpon sepupu Reva yang ada di rumah, minta supaya jemput Reva. Biasanya Reva mau kok kemana2 dengan sepupunya. Setelah dijemput dan berada di luar pagar mesjid, tiba2 Reva nangis. Mau pulang sama Bunda katanya. Apa boleh buat, Bunda lepas mukena, beres2 sajadah dan pergi dari mesjid hehe.

Saat yang laen bersuka cita di hari Lebaran, bersalam-salaman, dapet angpau hehe, Reva mulai menampakkan tanda2 ngantuk. Selesai minum susu, langsung tidur. Waktu keluarga Ayah pergi ke makam, Bunda jaga rumah karena Reva belum bangun.


Anggi (sepupu), Reva dengan wajah hasil begadang dan Puput (sepupu)

Selasa sore kami berangkat ke Bandung. Berbarengan dengan keluarga kakak Ayah yang akan pergi ke Soreang. Bunda dibekelin banyak banget ama Nenek Cikampek. Ketupat, semur daging, sambel goreng kentang+ati, kolang-kaling merah, tape ketan, rempeyek kacang, dll. Nah... sekarang pada tau khan kenapa Bunda selalu berlebaran di Cikampek, baru ke Bandung ? hahahaha.


Rabu, 25 Okt 2006

Lebaran kedua adalah hari mengajak Reva bermain. Maksudnya supaya dia kembali 'pulih'. Bunda, Ayah, Reva dan Tante Indah pergi ke Bandung Supermal (BSM). Cari parkir belum susah karena masih pagi. Tapi ternyata tempat bermain (Kota Fantasi) sudah penuh sesak. Mau beli tiket/koin aja antriannya kayak antrian tiket kereta api mudik lebaran. Reva akhirnya nggak maen apa2 :(

Setelah makan siang di salah satu resto di BSM, kami menuju lapangan parkir. Pengen liat Dunia Salju. Oalah... ternyata antrian masuknya juga panjang banget. Akhirnya kami keluar dari BSM menuju BIP. Reva tertidur di mobil. Mau dibangunin kasian. So, Bunda keliling2 ama Tante Indah, Ayah nungguin Reva di parkiran BIP hihihi.

Bangun tidur, Reva langsung maen di Dolphin Funland. Tiketnya 8000 per 30 menit. Reva enjoy maen disitu. Nambah lagi deh 30 menit hehe.


Mandi bola di Dolphin Funland

Pulang dari BIP, nyimpang dulu ke jalan Burangrang, mengamati jajanan tentu saja.
Wah ternyata bakso malang Enggal udah buka :D Mampir deh. Duh duh... antrian pembelinya sampe berbelok-belok kayak ular hehe. Untung Bunda pesen untuk dibungkus, jadi cepet karena nggak harus ikut antrian ular itu. Rasa kangen pada bakso malang pun terobati hehe.


Kamis, 26 Okt 2006

Hari ini Bunda di rumah aja. Ayah pergi lagi ke Cikampek, ngelayat tetangga depan rumah Cikampek yang meninggal. Memang usianya udah tua, udah kayak kakek sendiri.
Supaya Reva nggak bosen, sore2 Bunda dan Tante Indah ngajak Reva ke Metro naik becak. Becak memang transportasi favorit anak2 hehe.


Jumat, 27 Okt 2006

Kalo hari Jumat Ayah ada di Bandung, pasti deh dia pengen solat Jumat di mesjid Salman depan kampus ITB. Nostalgia kali ye :D
So, formasi standar (Bunda, Ayah, Reva, Tante Indah) berangkat ke ITB. Sengaja agak pagian, supaya dapet parkir di jalan Ganesha. Begitu parkir, langsung deh berdatangan.... kuda :D Tau aja kalo di mobil ada anak kecil. Reva ditawari Ayah untuk naik kuda awalnya nggak muda. Serem kali liat kuda gede2 hehe. Tapi begitu ada kuda yang kecil, dia mau. Ini pertama kali lho Reva naik kuda beneran hehe.

Setelah acara berkuda selesai, kami jalan2 ke kampus ITB. Duh ITB lain banget ya (iyalah, emang Bunda angkatan berapa hihihi). Banyak yang hilang, digantikan dengan gedung baru. Setelah berfoto2, Ayah pergi ke mesjid Salman. Bunda meneruskan napak tilas di kampus ITB dengan Reva dan Tante Indah. Reva seneng, bisa lari2, naik turun tangga, ngejar kupu2, sampe akhirnya kami duduk di Labtek 8, jurusan Elektro. Enggak kok Nak, Bunda nggak akan maksa kamu milih jurusan Elektro hihihi.


Gbr kiri: Reva naik kuda di Jl. Ganesha
Gbr kanan: Berpose di kampus kenangan


Beda banget ya ITB sekarang :D

Sambil duduk2, Bunda sms Tante Vina, blogger kenalan Bunda yang juga lagi mudik ke Bandung. Bunda bilang ada di ITB karena Ayah mau jumatan di Salman. Eh nggak lama kemudian Tante Vina bilang suaminya mau solat di Salman juga. Wah asik deh, bisa ketemuan :D

Waktu Tante Vina sms dan bilang bahwa mereka sudah parkir, Bunda, Reva dan Tante Indah beranjak dari Labtek 8. Kami nunggu di gerbang depan ITB sambil bertanya2... masih inget nggak ya wajah Tante Vina hihihi. Nggak lama kemudian, muncul seorang ibu muda, menggendong anak perempuan, di sebelahnya ada anak laki2. Ah... itu pasti Vina :D

Reva langsung akrab dengan Alif, putra Tante Vina. Peluk2an segala hihii. Bunda ngobrol ama Tante Vina, diliatin ama si kecil Mila yang... duh duh... ampun deh lucunya... bener2 bikin gemes. Lucu juga ya, baru ketemu kali ini tapi serasa temen lama hehe.
Sekitar jam 12.30 siang Ayah Alif & Mila muncul. Nggak lama kemudian Ayah juga nongol. Para Ayah mengobrol, ternyata sama2 alumni FTM (Fakultas Teknologi Mineral). Dan ternyata lagi, rumah ortu Tante Vina di Cilegon deket dengan rumah Bunda.


Bunda, Reva, Tante Vina, Mila dan Alif

Berhubung kami masih punya keperluan masing2 (dalam kasus Bunda, makan siang), kami pun berpisah. Semoga di lain kesempatan ketemu lagi ya Vin :)

Bunda, Ayah, Reva dan Tante Indah meluncur ke Resto Bumbu Desa di Jl. Laswi untuk makan siang. Sebelum itu, kami sempat berenti karena melihat ada yang berjualan gurilem di sekitar ITB. Maklum, Bunda ama Tante Indah khan GFC (Gurilem Fans Club) hihihi.

Resto Bumbu Desa penuh tiada tara. Tapi gimana lagi, udah parkir, udah laper dan males nyari tempat lain. Ternyata mau duduk aja antri, nunggu dapet nomor meja. Setelah dapet meja, masih antri lagi milih makanan. Kembali ke meja, masih nunggu makanan yang kita pilih selesai dimasak. Bahkan setelah lauk pauk datang, masih harus nunggu nasi ! Aaarrrggghhhh.... mau marah rasanya. Pelayanannya bener2 lelet. Kalo nggak rajin menagih, nasi nggak juga dianter. Bunda kecewa berat, apalagi salah satu makanan yang kami pesan udah nggak seger.


Sabtu, 28 Okt 2006

Sama seperti hari2 sebelumnya, jalan2 lagi. Sebelum jalan2, mampir ke rumah salah satu adik Uti (Uti Indri) yang baru datang dari Jogja. Bersilaturahmi, ngobrol2, sekalian ngambil titipan bakpia hehe. Dari rumah Uti Indri kami sempet bertemu temen kantor di jalan. Rupanya istrinya sedang mengantri brownies kukus Amanda yang beken itu. Antriannya jangan ditanya, panjang banget hehe.

Dari rumah Uti Indri kami pergi ke BIP (lagi). Makan siang di Yogya Food Court. Setelah itu Reva maen di Dolphin Funland ama Tante Indah, Bunda nemenin Ayah ke BEC (Bandung Electronic Center). Itulah gunanya Tante Indah hahaha.

Kehebohan terjadi. Reva nggak mau pergi dari area mandi bola. Ngamuk, nggak mau berenti maen. Setelah melalui proses yang cukup panjang, nangisnya berenti, kami pun turun ke tempat parkir mobil. Ternyata mobil nggak bisa keluar ! Di depan mobil Ayah ada mobil yang diparkir paralel dan direm tangan. Ditunggu beberapa lama, nggak ada tanda2 si pemilik mobil. Akhirnya Bunda, Reva dan Tante Indah masuk lagi ke BIP, Ayah nunggu di tempat parkir. Lumayan lama juga Bunda keliling2 di BIP dengan Reva yang nangis melulu. Si pemilik mobil sudah dipanggil dengan pengeras suara. Akhirnya Ayah telpon, mobilnya udah bisa keluar. Kata Ayah, pemilik mobil itu anak muda dengan pacarnya. Si anak muda itu dimarahi Ayah hihihi. Yang laen malah lebih kesel dari Ayah. Ada yang usul kalo yang punya mobil nggak datang juga, kempesin aja semua bannya :D

Mood Reva belum juga membaik. Dari BIP kami pergi ke Cascade di Jl. Riau. Maksudnya supaya Reva seneng bisa liat ikan berenang2 di kolam depan Cascade. Tapi ternyata nggak mempan. Tetep aja dia nangis melulu. Ya sudah, pulang aja. Tapi lumayan, sempet nyicip otak2 dan es cendol elizabeth hehe.


Minggu, 29 Okt 2006

Jam 5 pagi Ayah pulang ke Cilegon. Hari Senin Ayah harus ngantor. Selain supaya nggak kena macet (kabarnya hari Sabtu dan Minggu adalah puncak arus balik), Ayah juga mau mampir ke Cikampek, ngasih oleh2 bakpia dari Jogja. Ayah bilang, kalo pabrik belum start operasi, Ayah mau ngajuin cuti lagi. Siiip.

Bunda seharian di rumah aja. Reva lagi akrab ama Uti dan Atung. Makan pagi disuap Uti, mandi pengen sama Uti. Abis gitu Bunda ditinggal pergi. Reva, Uti dan Atung jalan2 ke Metro Trade Center (MTC).

Posted by Bunda Reva @ 10:10 AM   0 comments