<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d12933336\x26blogName\x3dBook+Of+Days\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dTAN\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://revakayla.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://revakayla.blogspot.com/\x26vt\x3d5279680883321216130', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Book Of Days
Lembaran penuh cerita tentang Reva, Ayah dan Bunda -- untuk dibaca, dibagi dan kelak dikenang.

Tuesday, December 11, 2007

Celoteh Reva

Perhatian: Semua cerita di bawah ini berlangsung beberapa minggu yang lalu (ato bulan lalu ya... hehe).

Padat, Cair & Gas

Lokasi: di toko ban
Ayah ngecek tekanan ban di tempat langganan. Yang kurang diisi dengan gas nitrogen.
Reva di dalam mobil ama Bunda.

Reva: "Bunda, itu apa ? yang ada warna merah ama ijo"
Bunda: "Itu alat buat ngisi ban mobil dengan gas"
Reva: "Gas ?" (Bunda lupa, Reva belum tau tentang gas)
Bunda: "Reva tau nggak, benda itu ada 3 macam, ada benda padat, benda cair ama benda gas"
Bunda: "Benda padat itu yang bisa dipegang (maksud Bunda biar gampang dimengerti) kayak batu, kertas, gelas, baju, dll"
Bunda: "Benda cair itu misalnya air, susu, kopi, dll"
Bunda: "Kalo gas, itu nggak bisa dipegang, kayak angin. Nggak bisa khan Reva megang angin AC ?"
Reva manggut2.
Reva: "Kalo benda cair juga nggak bisa dipegang ya ?"
Bunda: "O iya. Bisa disentuh tapi kalo mau dipegang (maksudnya digenggam) nggak bisa, khan ngalir"

Beberapa menit kemudian...
Setelah ngisi nitrogen, ketika jalan, di depan mobil kami ada mobil bak terbuka membawa kursi2.

Reva: "Bunda, liat ! mobilnya bawa kursi"
Bunda: "Ooo iya. Kalo kursi benda apa ?"
Reva agak bingung, lupa kali.
Bunda: "Benda pa..."
Reva: "Padat. Soalnya kursi bisa dipegang ya Bunda ?"
Bunda: "Iya"
Reva: "Kalo kursinya ilang... nggak bisa dipegang ya Bunda ?"

Hayo coba tebak... kursi ilang termasuk benda apa ? padat, cair ato gas ? hahaha

********************

Nabi Muhammad & Rukun Islam

Bunda baca2 buku komunikasi guru-ortu punya Reva. Bunda liat ada sekilas tentang Nabi Muhammad, nama ayahnya, ibunya, kakeknya, pamannya dan para sahabatnya.

Bunda: "Reva di sekolah udah diceritain tentang Nabi Muhammad ?"
Reva: "Sudah"
Bunda: "Tau nggak siapa nama ayah Nabi ?"
Reva diem aja. Lupa pasti :D
Bunda: "Ab..."
Reva: "Abdul Mutolib"
Bunda: "Abdullah. Abdul Mutolib itu kakeknya"
Reva: "Abdullah ya"
Bunda: "Kalo nama ibunya ?"
Reva: "Mmm... Kota Mekah"

*gubrak*

Di buku komunikasi juga ada Rukun Islam.

Bunda: "Reva tau rukun Islam ?"
Reva: "Tau"
Bunda: "Ada berapa sih rukun Islam ?"
Reva: "Ada begini..." (jarinya menunjukkan angka 4)
Bunda: "Bukan empat sayang, tapi lima"
Bunda: "Yang kesatu apa ?"
Reva: "Gak tau. Aku lupa"
Bunda: "Syahadat. Yang kedua so..."
Reva: "Solat"
Bunda: "Yang ketiga ?"
Reva: "Puasa"
Bunda (takjub krn Reva inget): "Yang keempat ?"
Reva: "Azan"

*gubrak*

********************

Bahasa Inggris

Hari Sabtu lalu, kami 'terjebak' di bengkel. Nungguin servis mobil, lama banget. Sambil nunggu, Bunda dan Ayah ngobrol2 ama Reva. Salah satu topiknya bahasa inggris. Sejak punya tontonan channel Disney, Reva sok kayak turis, was wes wos dengan bahasa inggris... yang sebagian besar dia karang sendiri :D

Bunda: "Reva, goodbye artinya apa sih ?"
Reva: "Dadah, sampe jumpa"
Bunda: "Kalo goodnight ?"
Reva: "Selamat malam"
Bunda: "Kalo... thank you ?"
Reva: "Terimakasih"
Bunda: "Kalo... bahasa inggrisnya kepala apa ?"
Reva: "Head"
Bunda: "Iya betul. Kalo bahu ?"
Reva: "Shoulder"
Bunda: "Kalo hidung ?"
Reva: "Nose"
Bunda: "Mulut ?"
Reva: "Mouth"
Bunda: "Mmm kalo mobil ?"
Reva: "Apa bunda ?"
Bunda: "Car. Mobil itu bahasa inggrisnya car"
Reva: "Kalo ikan, fish ya ?"
Bunda: "Iya"
Ayah: "Kalo sapi ?"
Reva: "Nggak tau"
Ayah: "Cow. Kalo ayam ?"
Reva: "Petok-petok"

*pingsan*

Posted by Bunda Reva @ 10:47 AM   2 comments